Dongengfilm's Blog

Desember 29, 2012

Dongeng Produksi Film (Dokumenter) Asing di Indonesia – 10

Filed under: Tak Berkategori — dongengfilm @ 8:16 am

Apakah Kru Indonesia Siap?

Berbeda dengan kesiapan pekerja film Indonesia saat berhadapan dengan produksi film iklan, kru Indonesia bisa dibilang siap untuk mendampingi produksi film dokumenter di wilayah manapun di nusantara.

Syuting biasanya dilakukan di wilayah terpencil. Mereka sudah punya fixer masing-masing yang terlatih untuk mencari lokasi ataupun nara sumber. Tidak jarang nara sumber sudah terlebih dahulu dihubungi oleh kru asing dari negara mereka. Beban kerja fixer juga tidak seberat Line Producer iklan karena hanya mengurus beberapa orang kru Indonesia maupun kru asing.

Kru yang biasanya dicari adalah Perekam Suara. Untuk kru lainnya, terutama Sinematografer, biasanya datang bersama rombongan. Bahkan Perekam Suara kadang sudah menjadi bagian dari kru asing yang datang.

Praktis dari Indonesia mereka hanya membutuhkan seorang fixer yang beban kerjanya juga berkurang dengan keterlibatan pendamping dari kantor Direktorat Film. Pendamping biasanya juga membantu pengurusan perijinan ke pemerintah daerah dan lembaga terkait lainnya.

Tantangan utama adalah ketahanan fisik karena kru asing, apalagi kru film dokumenter pada umumnya berbadan sehat dan suka olahraga. Mereka juga sudah terlatih untuk menghadapi berbagai medan syuting. Justru kondisi fisik sang fixer yang seringkali menjadi masalah dalam mengimbangi kru asing selama perjalanan.

Keterampilan berbahasa asing umumnya tidak menjadi hambatan karena seorang fixer profesional minimal sudah terlatih untuk bercakap dalam bahasa Inggris.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: