Dongengfilm's Blog

Agustus 19, 2012

“1911: Xinhai Geming” (Jackie Chan & Li Zhang, 2011)

Filed under: Resensi Film — dongengfilm @ 1:35 am

Wah, akhirnya saya nonton film “1911: Xinhai Geming” (Jackie Chan & Li Zhang, 2011).

Jackie Chan punya cara yang unik untuk memilih judul film ke-100 yang ia bintangi. Film “1911” merupakan film peringatan 100 tahun Revolusi Kaum Nasionalis di Cina yang dipimpin oleh Sun Yat-sen. Revolusi yang berhasil meruntuhkan kekuasaan dinasti Qing (1644-1911), dinasti penjajah dari Manchuria.

Gerakan kemerdekaan Cina selalu gagal dari dalam Cina. Berbagai pemberontakan gagal. Salah satu penyebab kegagalan adalah pemerintah berkuasa selalu mendapat bantuan dari bangsa asing yang tentu saja memperoleh imbalan berbagai konsesi dagang.

Akhirnya Sun Yat-sen berkeliling menggalang dukungan bangsa Cina Perantau (Huaqiao), mengumpulkan donasi dari mereka yang sudah berhasil di perantauan. Di samping itu, ia juga melobi pemerintah asing untuk menghentikan bantuan pinjaman kepada pemerintah Manchu yang berkuasa.

Dalam film ini Jackie Chan tidak berperan sebagai Sun Yat-sen tetapi sebagai Huang Xing, salah seorang pendiri Partai Nasionalis Cina (Kuomintang), yang menjadi tangan kanan Sun Yat-sen hingga akhirnya menjadi pimpinan militer pertama di Republik Cina yang berdiri pada tahun 1911 itu.

Dalam film ini, Chan adalah seorang ahli perang, pemberani di medan tempur, tapi bukan ahli silat meskipun tetap sempat disisipkan satu adegan dimana kemampuan silatnya tampil. Adegan ketika ia menangkap komplotan pembunuh yang mau menghabisi Sun Yat-sen di kapal ketika baru kembali ke daratan Cina.

Terus terang film ini membuat saya iri. Sangat iri!

Sebagai orang yang juga berkecimpung di dunia perfilman, saya tahu kita tidak akan pernah bisa mengharapkan salah seorang tokoh perfilman, apalagi aktor, untuk membuat film seperti “1911” ini. Secara teknis mungkin saja, Tahun 2045 teknologi pasca produksi film pasti semakin aduhai. Tapi apakah ada aktor yang bisa dipercaya oleh investor untuk memproduksi, menyutradarai sekaligus berakting untuk film semahal ini?

Kalau dilihat dari animo penonton memang ada kecenderungan peningkatan jumlah penonton film ke bioskop. Tapi masih tidak bisa menjamin pengembalian modal. Semakin bermutu (secara cerita maupun teknik pembuatannya), semakin sulit mendapatkan penonton. Untuk dipasarkan ke dunia internasional, wah untuk film sejarah seperti ini saya kok ya semakin tidak percaya diri. Pemodal dan pengembalian modal adalah faktor kedua yang membuat saya yakin bahwa saya ragu akan ada film semacam “1911” dibuat oleh bangsa Indonesia.

Faktor ketiga yang meragukan kemungkinan ada film seperti ini adalah kondisi masyarakat sendiri. Apakah mungkin lahir niat untuk membuat sebuah film sejarah bangsa dari kaca mata yang jernih? Apakah kelompok Islam fundamentalis bersedia mengukuhkan kenyataan sejarah terkait Piagam Jakarta yang berubah menjadi Mukadimah UUD 1945 merupakan sebuah kesepakatan penting atas berdirinya Republik Indonesia itu ke dalam sebuah film?

Apakah kita memiliki kaca mata netral dan besar hati dalam mengakui sosok sejarah tanpa didasarkan pada kepentingan golongan dalam meng-claim peran golongannya dalam proses kemerdekaan RI?

Selama Orde Baru berkuasa, pemerintah mati-matian berusaha menyakinkan rakyat bahwa Republik Indonesia merdeka seolah-olah melulu karena jasa tentara. Sampai muak kita mendengar istilah Angkatan’45. Apakah tentara di sebelum tahun 2045 mau mengukuhkan peran dan jasa para pengikut Partai Komunis Indonesia dalam perang kemerdekaan?

Ah, saya jadi melantur terlalu jauh….

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: